Breaking News
Home / Android / Tips root Android

Tips root Android

Root dalam android berguna untuk mendapatkan hak akses penuh atas device anda (anda menjadi system account yang punya kekuasaan tertinggi untuk dapat mengakses dan mengeksekusi seluruh file, folder, command, dll dalam operating system linux based (karena Android linux, berarti Android juga termasuk)) sehingga anda dapat mengatur hal – hal yang hanya bisa digunakan oleh si pembuat OS handphone anda. Tetapi dengan adanya root, anda seperti menjadi pemilih hak akses penuh di dalam operating system Linux.

Tips root Android

Dari root ini, anda dapat mengakses / explore device anda tanpa ada batasan (tidak seperti awal, anda belum root), untuk menghapus, mengedit, atau menambah, mengurangi, menghancurkan apa yang ada di device anda (OS). Dalam artian ini, sebenarnya Root bukanlah hal yang dilarang. meskipun sebenarnya rooting adalah hacking (untuk Android), agar memiliki akses ke account root seperti di Linux OS. Kalau punya akses root, maka anda bisa mengedit sepuasnya.

Dibawah ini adalah beberapa tips root Android sebelum anda akan melakukan rooting Androidsilahkan di baca dulu.

1. Kuatkan diri anda mengapa root Android? Anda harus tahu bahwa untuk nge-root Android, tidaklah aman, terdapat konsekuensi yang harus dipertimbangkan secara matang. Karena apabila tidak di pertimbangkan, anda akan rugi kelak nanti.

2. Cari cara root Android dari sumber yang terpercaya. Anda bisa mencari apapun tentang Android di Google. Tetapi apakah anda yakin hasil pencarian anda terpercaya?, Jangankan terpercaya, bahkan mungkin tutorial yang anda cari tentang cara root Android adalah salah semua dan tidak meyakinkan alhasil device Android anda rusak. Untuk itu, sebagai referensi, saya sangat mensarankan anda untuk mencari cara/tutorial untuk Android di dalam website ini : forum.xda-developers.com. XDA Developer merupakan salah satu forum mengenai Anrroid terbesar yang terdapat atau mengandung didalamnya sangat banyak informasi dan tutorial,trick, dan FAQ mengenai Android anda, ada juga tutorial untuk nge-root Android, nge-flash Android, dll. Setelah anda masuk ke website tersebut, cari Device Android anda, seperti saya memiliki Xperia A (misalkan), maka saya akan memilih Xperia A (jadi sesuai dengan Device anda, karena belum tentu trick dan tutorial pada suatu handphone sama dengan handphone yang lain). Kemudian masuk ke dalam Android Development. Kalau saya menyarankan, anda melihat jumlah komentar dan likes yang anda untuk suatu thread. Carilah yang banyak komentar dan likesnya (ingat, pilih [ROOT] atau [ROOT TOOL], bukan [ROM], [FTF], atau lainnya, karena beda beda). Salah satu Developer yang membuat Root tool adalah DooMLoRD. Anda bisa mengunjungi threadnya. Atau anda bisa memilih developer yang anda suka.

3. Instal Recovery terlebih dahulu. Sebagai dasar apabila anda melakukan kesalahan pada saat Root, anda sebaiknya menginstal Recovery. Anda bisa cari di XDA juga.

4. Instal ROM yang bagus, carilah rating yang tinggi di XDA

5. Jangan paksa Android anda. Apabila sudah di root, anda akan punya kekuasaan yang tinggi, sehingga apapun kemungkinan besar bisa anda ubah. Bahkan kinerja processor anda juga bisa diubah. Apabila anda punya processor 1,5GHz, jangan terlalu menaikkan secara menuncak (langsung seperti jadi 2,2 GHz, ente berarti sadis hihihi). Jangan anda paksa, sebaiknya anda menaikkan hingga 1,7GHz atau kalau mau aman ya 1,55GHz. Karena overclocking yang sangat besar, akan mengakibatkan kerusakan pada masa yang akan datang.

6. Terdapat Kerugian jika device anda di root. Pastinya, garansi hilang. Kedua jika tidak hati – hati, bisa berbahaya.

7. Jika bisa di root, unrooting is possible, a.k.a unroot itu bisa. Anda bisa cari di XDA Developer, tapi ingat, usahakan sesuai dengan script yang anda gunakan untuk root. apabila anda memakai script root dari DooMLoRD, maka gunakan unroot script dari DooMLoRD itu lagi.

About Avatecer

My Name is R. Moch Pradipto Setyokusumo or just Rio Pradipto or Rio (as my nickname), founder of Avatecer, A Junior Internet Marketeer, I'd like to share some tips and trick for free, follow me at

One comment

  1. klo androidnya sudah tidak punya rom atau gak bisa di root karena keterbatasan support mending jual mas androidnya, saya kapok beli android yang umurnya cuma sebentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 

Must Readclose